Beranda > Religi, Renungan > Sejarah Tol Cipularang KM.98 (Hilangkan Rumor Gaib)

Sejarah Tol Cipularang KM.98 (Hilangkan Rumor Gaib)


                                                                          Sumber Gambar Disini
Kali ini saya ingin mengajak kita semua untuk tidak lepas dari agama dan ajaran tuhan, bahwa sesungguhnya yang bisa menghidupkan dan mematikan manusia hanyalah tuhan semata. jadi hilangkanlah pikiran untuk selalu menduakannya dengan percaya kepada yang lain.
Tulisan kali ini saya anggap repost dari sumber lain, karena saya hanya tidak ingin kita sebagai bangsa indonesia terlalu larut di dalam hal-hal berbau magis dan gaib, dan menjadi bangsa yang cerdas untuk menanggapi hal-hal dengan ilmu pengetahuan.

Tol Cipularang adalah jalan Tol yang dibuat untuk lebih memudahkan kita untuk menuju ke kota bandung dan sekitarnya, karena Tol cipularang lebih menghemat waktu ketimbang kita harus memutar melewati Puncak. Dibuat dengan kontruksi modern dan sangat mematuhi aturan-aturan dalam tata cara membuat Tol. Jalan tol yang dirancang aman dengan kecepatan 120 km/jam ini Tingkat elevasi maksimum jalan tol yang didesain untuk tanjakan/turunan dengan kecepatan aman 100 km/jam adalah 6%. Artinya, kalau jalan harus mendaki bukit setinggi 60 meter, maka panjang jalan menanjak (tanjakan) minimal harus 1000 m atau 1 km. Makanya didalam mendesain jalan raya modern apalagi tol, banyak diterapkan cut (potong) dan fill (urug), dimana dengan adanya alat-alat berat modern, bukit kalo perlu gunungpun akan dipangkas.

Di Km-98 kita melihat turunan yang sangat panjang kalau dari arah Bandung dan Tanjakan bila dari arah Cikampek itu karena perbedaan tinggi yang cukup besar, sehingga disiasati dengan membuat turunan atau tanjakan yang sangat panjang sampai berkilo-kilo meter.
Sekarang yang menjadi masalahnya adalah pada saat finishing atau pengerasan jalannya menggunakan beton (rigid pavement) bukan aspal (flexible pavement). Dimana mungkin karena diburu waktu atau masalah yang lain yang mengharuskan pengerjaannya harus menggunakan Beton. Jalan yang pengerjaannya kurang rapih sehingga permukaan jalannya banyak yang tidak rata/bergelombang (bumpy). Bahkan banyak permukaan jalan yang retak-retak disana-sini, oleh karena itu pengelola jalan tol tersebut memberikan lapisan baru berupa aspal diatasnya sehingga jalan tol cipularang sekarang sudah menggunakan Aspal sebagai penutup beton.
Masalah yang kini timbul sekarang adalah terjadinya permukaan aspal yang bergelombang kembali terutama di daerah turunan (KM-98) yang timbul akibat proses pengereman dari kendaraan-kendaraan besar yang kemudian membuat tekanan/ dorongan ke depan terhadap aspal.
Kondisi jalan bergelombang ini, apabila dilewati oleh kendaraan dengan Ground Clearence rendah seperti sedan dsb  tidaklah menjadi masalah yang berarti, tetapi kalau seperti jenis Jep, Land Rover, Avanza, Apv dsb yang memiliki Ground Clearence Tinggi sangatlah Berbahaya!! karena dapat menyebabakan terjadinya Understeer, dimana akibat turunan yang bergelombang, ban kehilangan gigitan sama sekali sehingga kita tidak lagi dapat mengendalikan setir. dan yang terjadi mobil akan terbanting ke kanan maupun ke kiri dan menghantam beton pembatas jalan dan kemudian bahkan terbalik, seperti yang dialami artis saeful jamil dan istri. Dengan kecepatan yang lumayan tinggi 80 km/jam, dan turunan yang bergelombang seperti itu, ban mobil akan terangkat cukup tinggi dan keseimbangan mobil akan hilang, sehingga walaupun setir tetap lurus tetapi mobil limbung dan kemudian terlempar ke kanan kearah beton pembatas jalan. Dan kalau teman-teman ingin mencoba dan merasakan bagaimana Understeer terjadi, coba saja lewati genangan air dengan kecepatan kendaraan tinggi, maka akan terasa gigitan ban hilang dan setir akan kehilangan rasa, mobil akan tidak terkendali dan melintir tidak karuan.
Kecelakaan yang ditambah parah karena kebetulan di Km-98 itu beton pemisah jalan lumayan tinggi jadi apabila ada mobil yang dengan kecepatan tinggi hilang kendali dan terlempar ke kanan hingga menabrak beton pembatas tersebut, pastilah keadaanya sangat memprihatinkan bahkan merenggut korban jiwa.
Jadi sekarang coba kita gunakan akal sehat kita untuk dapat membuat segala yang tadinya marak dengan pembicaraan gaib dan mistis menjadi hal yang masuk akal dan logika.
Sumber Cerita Disini

Kategori:Religi, Renungan
  1. 21 September 2011 pukul 10:06

    Hahaha,, emang selalu ad penjelasan logisnya.. semoga aja pengemudi yang lewat tol cipularang lebih hati2…

    sekadar saran ya mas, fontnya diganti, arial narrow terlalu dempet2 jaraknya, apalagi dengan spasi mepet perlu konsentrasi ekstra buat baca..
    cuma saran lho ya, tidak diambil juga tak apa.. hehehe
    salam kenal

    • 22 September 2011 pukul 10:52

      Pastinya Saran-saran yang membangun akan saya pasang terus mbak,,
      Apalagi untuk kebaikan kedepannya..
      Thankz buat sarannya ya?

  2. 23 September 2011 pukul 16:34

    kunjungan balik nih…
    ya… yang namanya celaka itu kan sudah ada yang ngatur..
    semua terjadi atas kehendaNya..!! Dia berkuasa atas segala-galanya…
    anging allah nu uninga..
    kita cuma bisa berdo’a dan berharap dijauhkan dari segala mara bahaya…
    hahaha…
    jadi sok tua ngajarin..
    hehehe….
    oia salam kenal…

    • 26 September 2011 pukul 12:36

      Setubuh gan,,eh salah maksudnya setuju..
      Cuma Allah yang bisa mencabut nyawa sesorang,,

  3. 7 Oktober 2011 pukul 10:33

    Menurut penelusuran transt7 acara dunia lain mang bnyk mahklk gaib di situ shga sering menggoda pengendara terjadi kecelakaan.

  4. Citra W. Hapsari
    24 Oktober 2011 pukul 18:07

    ohhh,begitu to,..
    belum bisa menyetir tp bisa membayangkan alurnya,.hmmm..paham skrg,..hehee

  5. 3 November 2011 pukul 09:58

    thanx infonya yaa…salam kenal

  6. 13 September 2012 pukul 10:05

    penjelasan ilmiahnya, terimakasih🙂

  7. 10 April 2013 pukul 05:56

    Highly descriptive article, I liked that a lot. Will there
    be a part 2?

  8. 20 Mei 2013 pukul 23:58

    I’m not that much of a online reader to be honest but your sites really nice, keep
    it up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back down the road. Many thanks

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: