Beranda > Curhat, Renungan > Repost Bukan Copas

Repost Bukan Copas


      Pasti bagi kita yang sering berselancar di dunia maya, sering kita membaca tulisan repost atau copas yang di tulis segelintir orang untuk memaknai sebuah tulisan. Namun sebelumnya apakah kita tahu arti dari masing-masing kata tersebut secara harafiah?….

 

 

  coba sekarang kita artikan :

 

      REPOST yang berarti mengulang dari apa yang pernah di postingkan seseorang dengan maksud memperjelas atau menambahkan bahkan mengubah dari tulisan yang sebelumnya dengan tujuan agar orang lain yang membaca tulisan yang sebelumnya kurang jelas atau kurang dimengerti dapat lebih mengerti dengan tulisan yang lebih baru dibuat dengan mencantumkan sumber tulisan yang kita lihat pertama. Repost juga kadang mempunyai tujuan untuk memberitahu orang lain bahwa ada berita baik yang kadang tidak diketahui orang lain karena keterbatasan akses. misalkan seperti ini, kita kita sedang mencari berita atau informasi di search engine seperti google, dan akhirnya apa yang kita cari ditemukan, setelah kita baca hingga akhir, ternyata ada tulisan di bawahnya bahwa informasi yang kita dapat tadi itu repost dari tulisan yang pernah dibuat orang lain sebelumnya atau bahkan si penulis mendapatkan informasinya dari media cetak seperti buku dan tidak di publish di Internet. Jadi pemaknaan sebuah Repost jangan selalu dimaknai sebuah tiruan tulisan atau penjiplakan dan bahkan dimaknai pembajakan karya orang lain. Hal picik seperti itulah yang banyak terjadi di mana-mana. Karena pada Intinya tergantung niat si Penulis tersebut bukan?.. justru banyak orang yang merasa terbantu karena makin mudah di menemukan informasi yang kita perlukan karena banyak orang yang memberikannya.
      Sekarang kita artikan kata yang berikutnya yaitu COPAS atau Copy dan Paste : dari katanya saja sudah menggambarkan bahwa perbuatan tersebut tidaklah baik karena tidak halnya dengan sebuah penjiplakan secara utuh tanpa mengurangi dan menambahkan sumber dari tulisan tersebut. Copas bisa berubah menjadi baik apabila kita mengambil sebuah informasi yang kita perlukan dan bila ingin menjadikannya sebuah tulisan kembali hendaknya jangan serta merta kita menuliskannya sama persis dengan apa yang kita tangkap di tulisan sebelumnya serta tidak mencantumkan sumber tulisan aslinya.
      Sekarang kita tahu apa bedanya Repost dan Copas, jadi berfikirlah positif dalam membaca sebuah tulisan dan jangan hanya jadi pembaca yang hanya bisa mengkritik sebuah karya. tentunya kita tidak tahu apa maksud sebenarnya dari si penulis, selama tulisan-tulisan yang kita anggap repost (*menurut kita ) karena belum tentu bagi orang lain itu repost memberikan informasi yang bersifat ilmu yang wajib disebarluaskan, kenapa kita harus mengucilkannya dengan coment-coment yang gak penting.
      Contoh lain, apakah menurut kalian jika orang yang mengumandangkan azan untuk waktu solat tidak dilanjutkan di masjid/musola yang lain, apakah orang lain di lain tempat bisa mengetahui dan sadar akan sudah waktunya solat?…
      Jadi intinya jadilah pembaca yang pintar, selama apa yang kita baca atau yang kita tulis menjadikan orang lain lebih tau dari yang dia tidak tau, dont worry,,tulislah apa yang ingin kau tulis dengan gaya bahasa mu sendiri. tentunya kita tidak mau punya sebuah blog yang isisnya tidak pernah penting bagi orang lain (*isinya cuma curhat, dan posting bahwa saya cuma ingin update Blog),, kalau cuma ingin seperti itu dibuat saja Blog Private dan gak usah capek-capek Blog walking dan share curhatannya…
Salam Hangat
Kategori:Curhat, Renungan
  1. 4 Oktober 2014 pukul 23:17

    Predatory attacks frequently end in the death of the victim.
    Because of these benefits, it is clear that this
    ebook is the perfect book for men. Conversely, an Alpha Male, who only consumes the daily,
    governmental reccommendations, is going to have a difficult struggle ahead of them.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: