Beranda > Teknologi > Indonesia Pun Punya Bahasa Pemprograman

Indonesia Pun Punya Bahasa Pemprograman


Udah lama banget gak update blog ini, mumpung lagi libur kuliah jadi punya kesempatan buat mengkreasikan diri lagi disini. Udah beberapa hari ini jalan-jalan mengitari dunia maya sambil baca-baca untuk tambah ilmu ya buat isi waktu di waktu luang. Langsung aja deh, ketika mendapatkan pertanyaan di diri saya, sebenarnya ada gak sih Bahasa pemprograman yang di desain dalam bahasa Indonesia?..
Kemudian saya mulai mengetikkan keyword saya di pencarian google, dan mendapatkan beberapa jawaban tentang pertanyaan saya itu. dan disini saya ingin berbagi buat temen-temen yang belum tau tentang Hebatnya anak-anak dalam negri yang gak kalah dengan bangsa barat.
Bagi Teman-teman yang tidak asing lagi dengan bahasa pemprograman yang biasa didengar  seperti Visual Basic.Net, PHP, Java, ASP dan sebagainya yang kesemuanya itu adalah buatan Luar negeri. Namun kita jangan berkecil hati, kita punya anak bangsa yang berbakat yang mengembangkan bahasa pemprograman, apakah kita tahu?..apa bahasa pemprograman itu?..
Mari berkenalan….

Bahasa Pemprograman Nusaptel

Bahasa Pemprograman yang dikembangkan oleh seoarang putra bangsa Indonesia bernama Bernaridho Imanuel Hutabarat. Bahasa Pemprograman yang diberi nama Nusaptel ini kemudian lebih dikenal dengan nama Bahasa Pemprograman NUSA. dalam berbagai sumber di Internet, bahasa pemprograman NUSA ini diawali karena konsep bahasa pemprograman yang sudah ada sekarang ini masih terlalu rumit dan tidak mudah untuk dipahami bagi kebayakan orang, terutama mereka yang masih pemula dalam masalah pemprograman.
Pengembangnya sendiri merupakan seorang alumnus ITB dan Conventry University, Inggris Jurusan Teknik Informatika. Proyek pengembangan bahasa pemprograman Nusaptel sudah dimulai semenjak pembuatnya masih bekerja sebagai dosen pada tahun 1999 namun pada saat itu perancanangannya masih terbatas pada syntax hirarki type. Bahasa pemprograman NUSA ini kemudian mengalami kemajuan yang sangat pesat ketika pembuatnya bekerja sebagai database administrator di Amerika pada tahun 2001. Penelitian yang dilakukan di sela-sela waktu bekerjanya yang sangat padat pada waktu itu didorong oleh keinginan untuk bisa  membuat sebuah terobosan baru akan pemahaman konsep-konsep pemprograman yang tidak hanya baik dan tersruktur, namun juga mudah untuk dikuasai di masa mendatang.
Jika teman-teman berkenan untuk lebih mengenal bahasa pemprograman NUSA ini, silahkan berkunjung disini atau disini untuk mendapatkan dan mengunduh Instaler NUSA ini secara gratis.

Bahasa Pemprograman BAIK
Bahasa Pemprograman BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2005 di jepang oleh pembuatnya, Haris Hasanudin. tujuan utamanya dari pembuatan bahasa pemprograman BAIK ini adalah media pengajaran konsep-konsep pemprograman menggunakan bahasa Indonesia sehingga berbeda dari bahasa pemprograman NUSA dan bahasa pemprograman populer yang sudah ada sebelumnya. Seperti bahasa pemprograman populer dan NUSA dalam penulisannya masih menggunakan istilah-istilah dalam bahasa inggris. ini berbeda dengan bahasa pemprograman BAIK yang seluruh sintaks bahasa pemprogramannya menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa turunan Melayu.
BAIK pertama kali dipublikasikan dalam bentuk open source code beserta dokumentasi petunjuk penggunaan berbahasa Indonesia pada bulan maret 2008 melalui komunitas pemprograman open source code, Source Forge. Hingga saat saya menulis ini, berita terbarunya hingga akhir tahun 2010 kemarin, BAIK telah di-unduh sebanyak lebih dari 4000 kali dari komunitas open source code tersebut.
Bahasa pemprograman BAIK dapat berjalan hampir di semua sistem Operasi seperti Windows (7, Vista, Xp, Windows Server 2003, dan 2008) Linux (RedHat, Slackware, dll), Unix (Solaris, HP-UX), Hingga Mac OS.  Jika teman-teman penasaran dan ingin berkenalan dengan bahasa pemprograman BAIK, silahkan mengunduhnya disini secara gratis dan dengan buku panduan pemprograman BAIK telah banyak tersedia di Internet.

Bahasa Pemprograman QU
Bahasa Pemprograman QU dikembangakan oleh Marc Krisnanto, rilis awalnya adalah pada tahun 2002 yang masih terus dikembangkan hingga saat ini. Rilis terakhir dari bahasa pemprograman QU ini adalah pada tahun 2009 yang lalu. berbeda dari bahasa pemprograman yang sudah dijelaskan diatas, yang memang ditujukan  untuk pengajaran konsep-konsep pemprograman, QU belum memiliki tujuan yang spesifik. QU lahir dari rasa frustasi pembuatnya akan bahasa-bahasa pemprograman yang ada saat itu.
Interpreter bahasa pemprograman QU ini di implementasikan dalam bahasa C. Source code yang diberikan mudah dikompilasi dan telah disertai dengan script ” configure ” untuk melakukan penyesuaian terhadap berbagai platform UNIX yang ada. Meskipun belum ada naskah ilmiah terkait dengan bahasa pemprograman QU ini, dokumentasi bahasa QU terbilang sangat lengkap, mulai dari sintaks penulisan bahasa QU hingga dokumentasi fungsi dan kelas yang tersedia. Di samping itu, QU juga telah menyediakan tutorial pemggunaan bahasa QU meskipun  tidak terlalu mendetail. Hal ini menjadi salah satu dari kekurangan QU bagi mereka  yang masih pemula dalam bahasa pemprograman.
Dan untuk teman-teman yang berkeinginan untuk mencoba dan lebih mengenal bahasa pemprograma QU ini, silahkan mengunduhnya secara gratis disini. Teman-teman juga dapat menemukan informasi yang sangat lengkap terkait dengan bahasa pemprograman QU, mulai dari dokumentasi, instaler, fitur-fitur yang dimiliki QU serta beberapa contoh source code sederhana dalam bahasa pemprograman QU.

Demikianlah beberapa bahasa pemprograman yang dikembangkan oleh anak bangsa Indonesia, jadi apa kita masih kurang bangga mempunyai negara terkaya dengan segala sumber daya yang ada. Silahkan menggali   semua sumber daya yang ada di Indonesia maka kita pun akan tercengang olehnya..
Terima Kasih..
Untuk segala saran dan kritiknya silahkan kirim email ke : Meidhyandaresta@gmail.com

Kategori:Teknologi
  1. Bernaridho
    28 Mei 2011 pukul 12:27

    Halo, terimakasih atas pemuatannya. NUSA adalah singkatan dari Neat Uniform Simple Architecture. Code-translator NUSA sedang terus diperbaiki minimal sampai akhir Juni 2011. Compiler NUSA sudah cukup akurat dalam menghitung nilai dari pemanggilan operasi aritmetika dengan tipe-tipe yang ada. Boolean processing juga sudah sangat baik. Record-processing sudah sangat membaik dari yang sebelumnya. Compiler NUSA di akhir Juni akan implement vector, derived-typing, polytype-operation, serta File Input/Output. Ikuti terus perkembangan NUSA di PC Media. NUSA selalu ada di artikel PC Media, minimal sampai akhir tahun ini.

    http://duniainternet.info/nusa-bahasa-pemrograman-mandiri-hasil-inovasi-anak-bangsa/#comment-1125

    • 28 Juni 2011 pukul 12:55

      terima kasih banyak Om,,
      wah yang punya langsung berkunjung kesana,,
      sangat tersanjung saya…
      terima kasih mas sudah berkunjung,,,
      maju terus programer Indonesia..

  2. 27 Maret 2012 pukul 16:28

    Terima kasih atas minatnya kepada BAIK. BAIK sekarang sudah mendukung Animasi, PDF, UTF8, Printer, OOP, GUI, CGI, Databases, Graphics and TCP/IP network. Modul BAIK untuk Apache web server juga telah tersedia, dan kami sudah menggunakannya untuk mengembangkan e-learning, digital library dll.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: